4.8.12

Facebook saya dibajak.

Ditulis oleh:

facebook saya dibajakTempo hari dapet message dari kawan difacebook yang isinya iklan atau promo produk, namun tidak berapa lama banyak sekali notifikasi yang berisi reply dari friend yang semua terima mesagge tersebut.  Tak berapa lama berselang yang punya akun kirim broadcast message kesemua temanya yang berisi permintaan maaf dan menginfokan bahwa akun facebook saya dibajak oleh seseorang. Dari pengalaman ini tentunya kita semua juga tidak mau kalo akun facebook kita nanti dibajak orang, oleh karena itu beberapa langkah pencegahan perlu dilakukan. Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan seperti ini:


  1. Biasakan mengakses facebook melalui jalur aman yaitu via https bukan http-saja dalam mengetik alamatnya.
  2. Masukan no hape anda karena ini sebagai kunci kedua untuk anda masuk dan juga kalo nanti anda lupa atau akun anda sudah dibajak no hape bisa dijadikan alat bukti kalau anda pemilik sahnya dan untuk mereset password.
  3. Jika anda mengakses via komputer umum seperti warnet/hotspot di café/resto pastikan anda bersihkan semua cache dan history browser anda
  4. Jangan mencentang bagian “keep me logged in” intinya sih mirip “remember me” kalo bahasa Indonesianya “biarkan saya tetap masuk”.
  5. Dan yang terkahir, kalo sudah tidak menggunakannya lagi jangan lupa sign out.
Dan jangan lupa pastikan anda telah menginstal antivirus karena siapa tau ada trojan atau script mencurigakan yang berjalan dikomputer anda.
Bahkan sebuah berita melaporkan 83 juta akun facebook tidak sah dan menyalahi aturan dan banyak akun palsu.

Sebetulnya langkah ini masih general dan berlaku untuk semua akun online kita seperti email, twitter, paypal dan lainya. Semua cara ini belum secure banget dan masih ada cara lainya yang lebih secure namun memang agak sulit konfigurasinya, next time saya tambah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar