29.7.12

Membuat toko online

Ditulis oleh:
membuat toko onlineSekarang mulai banyak para facebooker memanfaatkan akun-nya buat jualan, kadang kita juga merasa jengkel ketika kita di-tag suatu gambar yang isinya tidak menggambarkan kita banget. Sampai akhirnya hal itu tercium juga oleh pengembang facebook, sekarang ketika seseorang mau me-tag orang lain maka harus mendapat aprroval orang tersebut namun hal itu juga tergantung dari security setting yang di atur oleh si empunya akun yang akan di tag. Back to jualan…sebetulnya sah-sah saja ketika kita mempromosikan barang dagangan kita di facebook namun hati-hati jangan sampai image toko/brand image kita nantinya menjadi jatuh atau terlihat murahan. Sebaiknya gunakanlah facebook atau social media yang lain hanya sebagai tempat untuk menjalin hubungan antara pemilik dengan langgananya agar lebih bersifat personal dan tidak kaku.
Model yang terbaik adalah anda memiliki toko online sendiri yang sebetulnya mudah untuk dibuat asalkan mau bereksplorasi sedikit dan menyisihkan waktu untuk mempelajari cara kerja toko online karena banyak orang yang enggan untuk membuat dengan alasan sulit atau tidak ada waktu. Ada banyak CMS (website jadi) yang bisa anda pakai untuk dijadikan sebagai web toko online dan semuanya sudah lengkap dengan modul inventaris, penjualan, order, dan lainya. CMS yang bisa anda pakai seperti opencart, oscommerce, prestahop, cube cart dan lainya. Setelah memiliki toko online sendiri dengan domain dan hosting yang sudah anda beli dari penyedia jasa barulah beranjak untuk membuat sebuah-page pada facebook, ingat jangan jadikan akun anda untuk jualan!


membuat toko online
Nah di page itulah anda silahkan untuk mempromosikan barang dagangan anda karena memang itulah fungsi dari page yang ada di facebook yang pembuatanya juga tidak sulit jika kita sudah memiliki akun. Jika anda aktive juga di twitter boleh juga anda buatkan sebuah akun untuk toko anda sehingga klien/calon klien anda akan lebih mudah mengikuti / follow anda jika sewaktu-waktu ada penawaran baru dari produk anda maka klien anda akan dengan cepat memperoleh beritanya sehingga penjualan pun menjadi sukses.  Janganlah putus asa kadang dibulan-bulan pertama masih sepi karena itulah kita terus belajar dan berfikir bagaimana meramaikan usaha kita, maka kita juga akan belajar cara-cara marketing dengan sehat karena cara kotor pun bisa seperti spaming dan fishing (yang sangat kita benci).


Dan tahukah anda bahwa kebanyakan para Netpreneur itu sukses berawal dari tempat kos/kamar tidurnya? yap, facebook sendiri contoh yang nyata bagimu (kaya setan ya??? #setan adalah musuh yang nyata bagimu) karena itulah keunggulanya toko online yang tidak membutuhkan suatu toko yang nyata (kecuali sudah semakin berkembang) dan juga tidak membutuhkan karyawan banyak yang anda butuhkan hanya Handphone, Laptop dan akses internet ditambah akun bank untuk menerima pembayaran atau dilengkapi dengan paypal biar pembeli dari luar negeri gampang bayarnya. So mau tunggu apalagi? ayo jualan! Dan ubah kebiasaan kita yang konsumtif menjadi produktif.

Catatan: Biasanya dalam pembuatan website toko online menggunakan gambar yang cukup banyak dan itu akan membebani hosting anda, ada trik untuk mengatasi hal ini, yaitu menggunakan pihak ketiga seperti cloudinary untuk menyimpan file-file gambar anda sehingga website akan berjalan dengan lancar.

1 komentar:

  1. Bikin online shop masih ribet? Kamu bisa mencoba buat Toko Online dengan Jejualan.com Aman, Cepat & Mudah. Hanya 20 Detik!

    BalasHapus