Halaman

2.3.12

Verifikasi PayPal

Meski saya mengenal dunia internet sejak lama dan memiliki akun paypal kurang lebih 3 tahun yang lalu tetapi baru setahun kemarin saya memverifikasinya. Setahun yang lalu tepatnya tahun 2011 saya memverifikasi akun paypal saya, kenapa saya lkukan itu? Paypal sebetulnya tidak mewajibkan akun kita terverikasi (mungkin belum) jika digunakan hanya untuk menerima pembayaran, tetapi jika kita ingin melakukan pembayaran online menggunakan Paypal hal itu suatu keharusan. Mungkin bagi kebanyakan orang tulisan ini sudah kuno dan basi tetapi ada baiknya sekedar berbagi pengalaman saja.
Oh iya bagi yang belum punya akun paypal silakan bergabung melalui tautan saya nih
bnr_mrbwamex_540x60
Tulisan berikut ada pengalaman saya verifikasi Paypal tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.
Pada awalnya saya merasa kesulitan sekali untuk memverifikasi akun Paypal saya karena 1 hal yaitu saya tidak memiliki kartu kredit pada saat itu, setelah searching di dunia maya (internet) ada suatu solusi yaitu menggunakan kartu kredit virtual atau VCC (virtual Credit Card). Dari hasil pencarian saya ada 2 jeni VCC yang bisa kita beli dari para reseller VCC yaitu yang 3 bulan masa aktif dan 1 tahun. Saya tidak bisa kasih info kemana harus belinya anda cukup search aja di mesin pencari nanti juga banyak kok hasilnya. Cara ini kalo saya baca dari berbagai post diinternet katanya sih agak “repot” kenapa repot? karena 1. katanya sebagian VCC yang dijual itu adalah ilegal, ilegal disini adalah menyalahi prosedur seharusnya dari pihak yang mengeluarkan VCC ini. Yang ke-2 dari artikel yang saya baca juga bahwa kalau kita memverifikasi menggunakan kartu kredit virtual ini maka kita haru selalu mengupdatenya, jika kita beli VCC yang 3 bulan maka tiap 3 bulan kita harus update lagi alias beli VCC lagi dan sama halnya untuk yang 1 tahun. Itu yang saya baca dahulu kala tetapi saya tidak tahu perkembanganya untuk saat ini, apakah masih seperti itu atau tidak (mohon koreksinya kalo salah). Saya sempat ingin mencobanya tetapi setelah sedikit waktu diluangkan untuk terus mencari bagaimana cara memverifikasi Paypal akhirnya ketemulah sebuah blog yang penulisnya memberi trik gratisnya, nah kebetulan saya lupa alamatnya tetapi saya masih ingat trik yang diberikannya yang kala itu harus didownload via Ziddu dulu. Trik ini saya ingat betul karena sudah saya praktekan dan benar-benar trik yang ampuh dan tidak harus mengeluarkan uang sepeserpun.

trik ini hanya melakukan komunikasi dengan pihak paypal via email dan proses ini memakan waktu maksimal 1 minggu yaitu untuk proses :
Kita kirim email > tunggu reply dari Paypal yang berisi cara-cara verifikasi PP > kita balas email dia > Email anda dibalas dengan isi : akun paypal anda “Verified”
Nah hal yang harus anda siapkan sebelumnya biar cepet selesai yaitu : scan identitas anda (KTP/SIP/PASport) dan buku tabungan (bagian yang ada nama dan alamat anda saja).
Tahapannya seperti ilustrasi diatas yaitu :
1. Kita mengirim surat elektronik ke departeman supportnya biasaya ada link help dibagian bawah, subject dan isi email kita memberi tahu kalau kita mengalami kesulitan dalam perivikasi akun kita karena tidak memiliki kartu kredit dan bertanya alternatif lain selain menggunakan kartu kredit.
2. Kurang lebih memakan waktu 2 hari kerja email anda akan dijawab berisikian tatacara yang harus anda lakukan untuk verifikasi akun anda, dalam kasus saya yang harus saya lakukan adalah mengirim identitas diri dan buku tabungan, semua harus discan sejelas mungkin namun filenya jangan terlalu besar.

verifikasi paypal
screenshot email balasan
3. Kirim kembali email ke pihak paypal dengan attachment yang mereka minta dan tunggu balasannya.
verifikasi paypal2
screenshot email balasan tunggu verifikasi
4. Selamat akun paypal anda Verified! (biasanya gak lebih dari 3 hari).
verifikasi paypal3
screenshot email balasan sudah terverifikasi.
Mudah diingat dan mudah dilakukan betul? 
Sebagai catatan dengan mengirim attachment bersisi data pribadi anda maka anda telah menyadari betul identitas anda terekspos oleh mereka jadi bacalah dengan detail Privacy Policy yang mereka berikan terhadap data member mereka.
Saya rasa artikel yang ringan ini dapat membantu anda dalam memverifikasi akuan Paypal anda dan mulai bertransaksi online, bagi para bloger lain yang memiliki trik dan pengalaman lainnya dengan Paypal silakankan dishare dibagian komen dibawah. Oh iya sat ini saya lagi penasaran apakah trik ini bisa dipakai untuk AlertPay tidak ya? masih ragu mencobanya.
Salam sukses!

1 komentar:

  1. Update : Sekarang kata kawan-kawan ternyata sudah tidak bisa lagi.

    BalasHapus