22.6.12

Apa sih antivirus yang bagus?

virus komputer
Ditulis oleh:

Sebagai pengguna komputer dan juga sering reparasi PC dan komputer jinjing, banyak yang sering bertanya “apa sih antivirus yang bagus?”

Jawaban yang sama selalu saya sampaikan pada yang bertanya; semua antivirus itu bagus asalkan selalu diupdate!  banyak antivirus gratisan yang bisa kita dapatkan mulai dari si payung merah Avira, si merdu Avast, dan juga anti virus galak AVG sampai jacky chan Kaspersky semua bisa kita download dan gunakan dengan free tak ketinggalan jagoan lokal kita Smadav. Namun bahaya itu bukan datang dari virus saja, ada juga Worm, Trojan, Spyware dan macam-macam lagi.

Banyak beranggapan semua sama saja tetapi itu semua beda cara kerjanya. Virus komputer sama dengan virus pada makhluk hidup, dia dapat merusak file, menghapus program yang sudah terinstall dan menggantinya dengan yang sudah terinfeksi virus dan juga virus banyak menyerap memory sehingga komputer kita terasa lambat bahkan nge-hang. Lain halnya worm meskipun dia tidak menginfeksi file tetapi sifatnya yang menduplikasi dirinya sendiri dan mampu menyebar dalam jaringan dan dapat menyebabkan kepadatan traffic sehingga ujung-ujungnya koneksi menjadi lambat. 

Trojan dan Spyware sepertinya sih dua ini kurang berbahaya selama kita tidak terhubung ke jaringan atau internet, Spyware sesuai namanya dia memata-matai hampir semua kegiatan kita, sedangkan Trojan menyediakan “pintu belakang” untuk intrusi serangan, sama seperti kuda troya (karena namanya memang dari situ). Mungkin hal ini jarang sekali ditemukan di si penguin Linux dan si Apel-Mac, dan sebetulnya semua ini biasanya muncul karena kita sering bermain dengan software bajakan yang menyediakan crack dan keygen dan juga sengaja atau tidak sengaja berkunjung ke situs yang tidak jelas atau memang ada yang seneng mengetes kemampuanya dalam membuat virus. Jadi untuk amannya setelah kita menginstall operating system terutama windows hal berikutnya yang harus kita lakukan setelah membuat backup adalah install antivirus sesudah itu silahkan install aplikasi yang lain seperti Office dan sebagainya.    

Kalu PC dirumah saya pakai Avira dicombine dengan Smadav lancar jaya selalu, kalo anda paka i antivirus apa? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar