28.9.12

Ganti nama file dengan cepat dan mudah

Ditulis oleh:

Beberapa waktu yang lalu saya lagi kerajingan baca komik yang kebetulan ‘ngopi’ dari komputer teman. Seru banget tuh komik ceritanya lengkap dan juga banyak unsur sejarah dan budayanya. Intinya, tuh komik bikin saya ketagihan bacanya. Komiknya sendri terdiri dari 20 volume dengan total 200 chapter semua dalam bentuk gambar. 

Namun saat bacanya kadang ada rasa risih karena penamaan filenya tidak konsisten antara volume yang satu dangan volume berikutnya, so ada keinginan untuk “merapikan” semua file yang berantakan tadi dengan lebih terorganisir biar ketika liat filenya saya tahu ini dari volume berapa dan chapter berapa, mau tidak mau saya harus mengganti nama file yang sudah ada tsb. Jika dalam satu chapter ada kurang lebih 20 file gambar kalo dikalikan dengan 200 chapter so kurang lebih ada 4000 gambar yang harus saya ganti nama filenya. Sebetulnya melalui windows explorer (maklum masih pake ini) bisa dilakukan dengan cepat pula namun tidak bisa penamaannya seperti yang saya inginkan. 

Penamaan yang saya inginkan seperti ini : Vol A ch B –CD , nanti huruf A,B,C dan D diganti dengan angka yang sesuai urutanya. Kalo via windows explorer mungkin kalo rename secara cepat jadinya seperti ini : Vol A ch B-(CD) hampir mirip memang hasilya cuma kok ada dalam kurung segala sih? kan gak seru (kalo menurut saya begitu). Nah saya jadi inget, dahulu banget ada tool yang pernah saya pakai untuk mengganti nama file dengan cepat, 
namanya NiYoW (Name It Your Way) dengan niyow kita bisa ganti nama file dengan cepat dan mudah. Niyow sebuah program kecil dan gratis dengan fungsi powerful banget. NiYoW bisa didownload dari banyak sumber tinggal anda googling aja.

image

screenshot software.
Saya rasa ini yang lumayan cepat prosesnya, kalo ada yang tahu software lain tolong dishare dibagian komen dibawah ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar