7.6.20

Menghidupkan laptop mati

Beberapa hari yang lalu saya ada waktu kosong dirumah buat ngoprek laptop jadul ane si ASUS yang masih dual core AMD, dengan casing pecah bagian bawahnya sehingga engsel sudah tidak berfungsi dengan baik.

Meskipun saat ini laptop tersebut masih digunakan anak saya yang masih SD untuk sekedar main game, dan belajar. Dengan menggunakan sistem operasi Endeless OS yang ISO mencapai 30GB-an cukup lengkap memang ada aplikasi edukasi, multimedia, browsing dan permainan yang cuup mendidik serpeti Tux Math. Namun sekarang laptop itu saya rombak lagi menjadi laptop yang menempel ditembok, tadinya mau cari kayu di penjual kayu madura dekat rumah tapi karena habis lebaran mereka belum pada buka.

Cari kayu bekas dirumah ternyata ada multiplek yang cukup lebar cukuplah untuk taruh mother board diatasnya. Siapkan beberapa stand off untuk menaruh mobo dan juga panel lcd, body lcd gak usah dicopot dulu cukup bor aja beberapa lubang untuk pasang mur. keyboard dan mouse bawaan tidak saya pakai karena semua body mob dibuang semua karena sudah banyak yang pecah, cukup ambil usb port, tombol power dan juga speaker internal. Semua pin konektor mudah dilepas seperti pada umumnya namun yang agak jadi pertanyaan bagaimana melepas konektor lcv? bentuknya baru liat.
Sebelumnya kan sempat oprek HP ASUS yang eror tuh nah ternyata bentuknya mirip dengan konektor power supply cukup diangkat saja gak ada takik penguncinya dan benar saja, cukup diangkat bro. 

Menghidupkan laptop mati

 Mother board dan periperal lain di tempatkan pada multiplek menggunakan standoff

IMG20200606085634

 bor casing LCD untuk penempatan mur

Menghidupkan laptop mati

 Kencangkan LCD pada casing

Menghidupkan laptop mati

Tutup casing :CD, Walhasil jadilah seperti ini:

Bikin handle dari besi, gantung deh ditembok, kalo bosen bisa dipindahin bro. jadi komputer jinjing hehe.
 
IMG20200601120656

 

 
By: Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar