Halaman

24.3.15

Aplikasi ATMega8535 dan Relay

Aplikasi ATMega8535 dan RelayTulisan Aplikasi ATMega8535 dan Relay ini seharusnya saya publish ditahun 2012 namun karena saya waktu itu belum sempat mengambil dokumetasi akhirnya tulisan ini masih mengendap di draft selama 3 tahun dan baru ditahun ini (2015) saya oprek lagi nih mikon.

Begini ceritanya..



Tempo hari saya melihat kawan sedang melakukan sintesa di laboratorium, pekerjaannya sederhana namun menyita banyak waktu yaitu menyaring. Proses penyaringan ini dapat berlangsung berhari-hari meskipun menggunakan alat bantu sebuah pompa vakum. Sebetulnya semua ini bisa dikerjakan dengan cepat asalkan peralatan yang digunakan sesuai dengan pekerjaan ini, namun biasalah ada saja kejadian diluar kendali kita sebagai manusia  seperti kerusakan alat. Nah intinya adalah karena tidak bisa dipakainya alat maka kawan saya harus menggunakan sebuah pompa vakum sebagai alat bantu untuk mempercepat proses penyaringan, namun pompa ini memiliki keterbatasan dalam operasinya yaitu panas yang dihasilkan selama operasi dalam waktu yang lama dapat membahayakan pompa itu sendiri. 

Oleh karena itu pompa ini selalu diberi pendingin berupa kipas. Dan juga pemakaianya diskontinyu (mati-hidup) nyala dan mati dengan durasi tertentu untuk menyiasati panas yang ditimbulkan pada saat running. Kebetulan masih ada mikon dan LCD yang belum dipakai sekalian saja punya ide membuat untuk mengontrol pompa agar mati-hidup dengan durasi yang kita mau. Program yang saya buat ini masih sederhana hanya bermain dengan delay saja (karena yang sulit dan komplex belum jago maklum baru belajar).

Ada dua rangkain besar nantinya yaitu rangkaian mikon itu sendiri dan rangkaian relay yang berfungsi sebagai driver, rangkaian relay pun saya pilih yang sederhana dengan komponen yang mudah didapat namun hal ini tergantung dari beban pemakaian. Berikut 2 skematik relay yang bisa anda gunakan:
1. Menggunakan 1 buah transistor untuk beban kecil.
Aplikasi ATMega8535 dan Relay
Untuk transistor dapat kita gunakan 2N2222/BC549/C1815
2. Menggunakan 2 buah transistor untuk beban yang agak besar
Aplikasi ATMega8535 dan Relay
dan ini kode pemrograman nya (hanya beberapa baris kode saja)

Catatan : di tulisan ini script dibawah ada karakter/text yang hilang karena di "cleaning" oleh blogspot karena akan dianggap injeksi script so kalau anda mau yang versi lengkap bisa donload  di Dropbox sini 

  
/*****************************************************
  
Project : Relay sederhana
Version : 1.0
Date    : 09/03/2012
Author  : Kurniawan
Company : FCHT
Comments: Agar memudahkan pekerjaan
 
 
Chip type           : ATmega8535
Program type        : Application
Clock frequency     : 4.000000 MHz
Memory model        : Small
External RAM size   : 0
Data Stack size     : 128
 *****************************************************/
#include ;
#include ;
	

// Alphanumeric LCD Module functions
#asm
   .equ __lcd_port=0x15 ;PORTC
#endasm
#include < lcd .h >
// Declare your global variables here
void main(void)
{
// LCD module initialization
{
lcd_init(16); 
lcd_gotoxy(0,0); 
lcd_putsf("Delay Pompa v.1");        
lcd_gotoxy(0,1);                   
lcd_putsf("Kipas ");  
DDRD=0xFF;  
while(1) 
{ 
PORTD=0x6; 
lcd_gotoxy(7,1); 
lcd_putsf("Nyala :-)");        
delay_ms(23076); 
PORTD=0x9; 
lcd_gotoxy(7,1);
lcd_putsf("Mati  :-( "); 
delay_ms(23076);      
} 
}
}



Untuk tampilan script LCD dapat anda gunakan atau tidak itu terserah anda, dalam hal ini saya hanya ingin melengkapi saja mungkin kedepannya alat ini dilengkapi sensor dan tampilan LCD.

Dan ini si alat sedang beraksi!

Aplikasi ATMega8535 dan Relay
Alat ini melakukan fungsi sederhana hanya switching berdasarkan waktu saja, namun meski sederhana alat ini lumayan meringankan pekerjaan dan menambah produktivitas laboran.
Gambar diatas baru mikon dan LCD saja nanti keluaran dari mikon (yang LED merah) saya gabungkan dengan rangkaian relay yang telah dibuat dan relay itulah yang akan switching pompa dan kipas. 

Prinsip saya ketika membuat alat ini lebih baik punya alat sederhana tapi berfungsi dengan baik daripada punya alat yang besar dan mahal tetapi tidak produktif. 

Anda mungkin bertanya : " Untuk apa aplikasi relay dan timer aja pakai mikrokontroler? kan bisa cuma pakai IC555 + relay atau sejenisnya. 
Jawab saya simple : Intinya adalah saya lagi belajar mikrokontroler, seperti diucapkan diatas ada mikon yang nganggur ditempat saya..hehe.


2 komentar:

  1. Kalo punya pengalaman dengan mikrokontroler mangga gan dishare..bagi2 ilmu.

    BalasHapus