19.3.15

Wireless Router TP-LINK TL-WR720N

Belum lama ini saya membeli dan mencoba menggunakan wireless router murah meriah, selain ajang uji coba dan review produk juga supaya perkabelan jaringan rapi. Router yang saya beli merk TP-LINK TL-WR720N. Router ini bekerja pada bandwith upto 150Mbps (itulah yang tertulis), pada router ini terdapat 2 soket LAN dan 1 Soken WAN jadi artinya hanya bisa konek dua PC/Lepi dengan kabel LAN, kalau WIFI bisa banyak juga. Alasan saya ingin membeli dan mencoba router ini adalah alat ini memiliki fitur yaitu multi SSID yaitu 4 buah SSID, yup artinya SSIDnya banyak dan nanti yang ditangkep laptop/tablet/smartphone banyak dan bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda untuk pengguna yang berbeda pula. Dalam hal ini saya ingin membuat 4 buah SSID untuk kerja, hiburan, anak, dan umum jadi sudah mulai disegmentasi deh usernya.

Hal yang pertama kita lakuin kalau baca manualnya adalah masukin CD dulu lalu kita install software bawaanya, namun sangat disayangkan di lepi saya kok ketika install tiba-tiba tertulis application stop working. Lalu saya beranikan diri langsung colokin saja kabel LAN dari Router ke Lepi dan akses web console dan ternyata eh ternyata bisa juga.

Tidak seperti TP-Link sebelumnya yang pernah saya gunakan, untuk mengakses web console manjemen kita biasanya menggunakan IP address pada browser namun router ini menggunakan alamat langsung yaitu http://tplinklogin.net

Bisa dilihat kan settingan SSID bisa hingga empat buah jika mau kita aktifkan dan semua SSID ini dapat diset dengan kunci yang berbeda-beda dengan mengganti dropdown saja.
Secara keselurhan kinerja Router ini meskipun hanya bekerja upto 150Mbps namun untuk kebutuhan kantoran kecil dan untuk penggunaan dirumah cukup lumayan toh ujung-ujungnya semua tergantung koneksi internet kita.  

Wireless Router TP-LINK TL-WR720N

Wireless Router TP-LINK TL-WR720N
Oya setelah beberapa waktu menggunakan sepertinya kok sering gak ke detect oleh piranti yang lain ya..hmm saya gak tahu nih penyebabnya jadi saya kadang harus reboot router setelah itu ke detect lagi oleh yang lain.

Nah bagi yang tertarik selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar