17.2.12

Perpaduan warna dalam desain (psikologi warna)

Ditulis oleh: Kurniawan
warna adalah cahaya dan cahaya adalah energi
Saya bukanlah seorang sarjana dibidang seni dan juga bukan dari jurusan desain, tetapi saya suka sekali jika melihat sebuah desain yang cantik dengan perpaduan warna yang sedap dipandang mata. dalam beberapa kesempatan saya memang senang bermain dengan aplikasi desain seperti CorelDraw dan juga Photoshop untuk keperluan pekerjaan dan juga hobi. Perpaduan warna dalam desain sangat penting untuk tujuan marketing , apalagi jika desain tersebut adalah sebuah logo perusahaan ataupun produk. Manusia sebagai makhluk yang sempurna memiliki banyak sekali indera yang bekerja tanpa kita sadari.

psikologiwarna
Seperti indera penciuman membawa perubahan suasana hati dan emosi (aromaterapi), Rasa dari sebuah makanan, sentuhan dan juga pendengaran.  Maka dalam sebuah desain, Visualisasi juga akan berdampak pada perubahan emosional manusia, dalam ilmu Fisika diketahhui bahwa warna adalah cahaya dan cahaya adalah energi dan ilmuwan pun menemukan bahwa perubahan psikologis manusia akan berubah jika mereka melihat warna tertentu. Warna dapat merangsang, membangkitkan, menekan, menenangkan, meningkatkan nafsu makan dan sebagainya, hal ini dikenal sebagai chromodinamika.  Ilmuwan Inggris Sir Isaac Newton menemukan bahwa ketika cahaya putih bersih melewati sebuah prisma akan dipisahkan ke semua warna yang terlihat mata. Newton juga menemukan bahwa setiap warna terdiri dari satu panjang gelombang dan tidak dapat dipisahkan lebih lanjut ke dalam warna lain.

Psychology of Color [Infographic]
Courtesy of NowSourcing, Inc

Berikut beberapa makna dan efek yang ditimbulkan sebuah warna bagi yang melihatnya.
  • Merah digunakan untuk merangsang tubuh dan pikiran serta meningkatkan sirkulasi.
  • Merah adalah warna yang paling emosional. Ini adalah warna darah, warna setan, Mars (Dewa perang) tapi juga warna hati Hari Valentine. Merah merangsang detak jantung lebih cepat dan pernapasan. Dasi merah dikenal sebagai "hubungan kekuasaan" dan disukai oleh para CEO dan politisi. Mobil merah, menurut statistik polisi, adalah target yang populer untuk pencuri. Dalam dekorasi, merah biasanya digunakan sebagai aksen untuk menarik perhatian dalam sebuah ruangan atau pintu.
  • Merah muda, yang merupakan warna merah, lebih tenang dan dianggap feminin 
  • Kuning dianggap merangsang saraf dan memurnikan tubuh.
  • Kuning adalah warna, bahagia ceria yang menarik perhatian, terutama ketika dipasangkan dengan warna yang kontras kuat. Meskipun dianggap warna yang optimis, orang kehilangan emosi mereka lebih sering, dan bayi akan menangis lagi, di kamar kuning. Ini adalah warna yang paling sulit bagi mata untuk menerima. Cobalah melihat dinding kuning dari sebuah situs web untuk jangka panjang dan Anda akan sangat mungkin mendapatkan sakit kepala. Hal ini diyakini, bagaimanapun, kuning yang meningkatkan konsentrasi dan bahwa itu kecepatan metabolisme. 
  • Oranye digunakan untuk menyembuhkan paru-paru dan untuk meningkatkan tingkat energi.
  • Biru diyakini untuk menenangkan penyakit dan mengobati rasa sakit.
  • Biru, sebagai warna langit yang cerah dan laut dalam, adalah salah satu warna yang paling populer. Hal ini menyebabkan reaksi berlawanan merah. Biru menyebabkan tubuh memproduksi menenangkan, sehingga sering digunakan dalam kamar tidur. Biru juga bisa menjadi dingin dan menyedihkan. Konsultan mode sarankan memakai biru untuk wawancara pekerjaan karena melambangkan kesetiaan. Orang lebih produktif di ruangan biru. Studi menyatakan bahwa angkat besi mampu menangani beban lebih berat di pusat kebugaran biru.
  • Hitam adalah warna misteri, kekuasaan otoritas, dan jahat. Hal ini populer dalam fashion karena konon membuat orang terlihat lebih langsing. Hal ini juga dianggap gaya dan abadi. Hitam juga bisa dengan aksen warna lain karena merupakan warna netral akhir, meskipun yang paling kuat.
  • Putih adalah kebersihan, sterilitas, kepolosan dan kemurnian. Putih memantulkan cahaya dan dianggap sebagai warna musim panas. Putih sangat populer dalam dekorasi dan mode, karena, seperti hitam tapi di ujung spektrum, itu adalah cahaya, netral, dan pergi dengan segalanya.
  • Hijau melambangkan alam dan daur ulang saat ini. Ini adalah warna paling mudah pada mata dan dilaporkan untuk memperbaiki penglihatan, menenangkan menyegarkan. Orang-orang menunggu untuk muncul di TV duduk di "ruang hijau" untuk bersantai. Rumah sakit sering menggunakan hijau karena menenangkan pasien. Hijau tua adalah maskulin, konservatif, dan menunjukkan kekayaan. Ini juga merupakan warna keberuntungan seperti di semanggi daun empat.
  • Ungu adalah warna kerajaan dan mewah berkonotasi, kekayaan, dan kecanggihan. Hal ini juga feminin dan romantis. Namun, karena jarang terjadi di alam, ungu dapat muncul buatan dan sering menyebabkan "getaran" ketika tidak digunakan dalam palet warna yang tepat.
  • Coklat adalah solid, dapat diandalkan dan adalah warna bumi. Hal ini melimpah di alam tetapi berbagai warna memiliki respon emosional yang sangat berbeda. Coklat terang menyiratkan keaslian sementara cokelat gelap mirip dengan kayu atau kulit. Coklat juga bisa sedih dan sayu dan seringkali dianggap sebagai warna "pria" .
Jadi Kesimpulannya adalah dalam sebuah desain emosi apa yang ingin kita munculkan pada orang yang melihatnya, senang, sedih, lapar, atau marah?
kalau tujuannya sudah tahu anda pasti tahu warna apa yang cocok dengan tema anda itu. Selamat berkreasi!

Nah lengkap sudah, so artikel ini mungkin akan sering saya ingat dan baca jika menemukan kesulitan dalam padu padan warna jadi ada contekan.

Ada yang kelewat tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar