Halaman

24.6.11

Skema, karena sering lupa.

Karena sering lupa dan akhirnya searching lagi dan lagi...baikan ditaruh sini aja. Mohon maaf kalo ada yang berniat cari scripting dengan avr... maklum baru belajar.
max232
ADC0809


atmega8535

15.6.11

Berawal dari mencari, berakhir dengan memberi

Belum berapa lama aku ingin sekali beljar apa itu domain, hosting, dns, ftp  dan sebagainya. biar nggak banyak keluar biaya dalam belajar akhirnya cari-cari situs yang menyediakan jasa domain gratis dan juga hosting gratis. Tinggal cari kata kunci hasil sudah keluar dimesin pencari. tapi apa ini yang saya cari?
Biasanya kalo jasa domain gratis tidak menyediakan hosting gratis, kita harus cari tempat lain. ada 2 jasa domain gratis yang lumayan untuk dipakai sekedar ingin coba-coba yaitu co.cc dan juga cz.cc nah untuk jasa hosting gratis hal paling lumrah adalah kita boleh pakai jasa hosting dia tetapi harus jadi sub-domain. Tapi pencarian tidak sampai disitu, akhirnya ketemu juga situs-situs yang "kasih" hosting gratis dengan kapasitas lumayan besar dan enaknya lagi boleh host domain sendiri. ini dia  sebagian hasil pencarianya:


Freehostia.com 


Space / band with = 250 MB/6GB
Domain Hosted  = 5



host1free.com
Space / band with = 10 GB  / 150 GB
Domain hosted = 5



5owebs.com
Space / band with = 500MB/5Gb
Hosted Domains 10



awardspace.com
Space / band with = 250 MB/5GB
Domain Hosted = 1
Subdomains = 3

Gratisannya gak tanggung-tanggung kan? sampai ada yang ngasih 10 Giga segala? padahal buat latihan doang paling cuma terpakai 20-100mb. Akhirnya dicoba lah semuanya, semua pelayananya bagus dan memang kita tidak bohongi, kita akan menjumpai  space dan bandwith yang kita terima sama dengan yang mereka promosikkan. Langssung aja praktekan masalah DNS, FTP dan sebagainya, pertama yang saya coba autoisnstallernya kenapa? karena alo gak via itu bisa tekor biaya internet, ternyata mereka biasanya membatasi jumlah data via FTP dan juga akunnya terbatas.bahkan ada yang memilik autoinstaller softacalous komplit, mau script apa aja ada (kira-kira seperti itu). Tak berapa lama ternyata ketahuan lagi kekurangannya, namanya juga gratisan jadi ternyata ada limit  tertentu yang tidak disediakan, seperti FTP akun dan data dibatasi, database biasanya dikasih cuma satu tapi ada yang kasih 2 juga, lalu fitur SMTP (untuk  email) ada yang dimatikan dan masih banyak lagi. intinya belajar saya jadi tidak optimal karena ada keterbatasan ini. So mau tidak mau cari hosting yang  berbayar saja tetapi yang murah dulu, namanya juga buat belajar. Cari yang luar negeri memang fiturrnya wah  banget, mereka banyak yang nawarin space dan bandwith ulimited padahal unimited itu tidak ada yang mungkin adalah unmetered tapi karena produk luar kesulitanya adalah masalah pembayaran! Mereka biasanya menerima pembayaran online seperi paypal, alertpay, checkout dan lainnya wah makin repot aja. Jadi saya baikan mencari yang dalam negeri aja selain  mudah masalah pembayaaran, nanti kalo ada masalah enak nanya soalnya pake bahasa indonesia. hehe.

Pencarian berlanjut,  cari jasa hosting indonnesia...ternyata gak nyangka, banyak juga pemain di Indonesia ratusan! hampir semua saya cek situsnya,ada yang digarap dengan serius (sampe berbadan hukum) ada juga yang gak serius (webnya berantakan, ada juga yang nyontek desain webhosting orang lain). makin pusing dibuatnya, tapi harus ada pilihan dan akhirinya jatuh ke yang menurut saya pelayananya bagus.
Tidak berapa lama berselang muncul di dalam hati kenapa saya tidak buat jasa domain dan hosting sendiri saja? karena dengan begitu belajarnya jadi semakin meningkat lagi, maka kira-kira sebulan mulailah aku berjualan jasa domain dan sebulan kemudian jasa hosting buat newbie dengan alamat di www.belidomain.web.id . yup, berawal dari mencari, berakhir dengan memberi...memberi layanan bagi yang lain.