26.2.15

Bongkar charger laptop asus

Bongkar charger laptop asus


Bongkar charger laptop asusPada suatu hari lagi asik-asiknya koding sama Mas bro, saya perhatikan kok indikator lampu charger laptop nyala-mati gitu alias kedap-kedip. Penasaran digoyang sedikit kabelnya eh mati, di goyang lagi nyala. Coba ganti ama charger punya Mas bro (kebetulan laptopnya sama merk Asus) eh nyala, nah ketahuan deh penyakitnya mungkin dichargernya (untung bukan IC charger dilaptop) setidaknya gak harus bongkar laptop. Penasaran ah pengen bongkar charger laptop setelah gugling ada yang sharing caranya memakai minyak kayu putih untuk membuat casing charger lepas, berhubung nih charger sistemnya mati alias gak pake mur sama sekali buat ngebukanya. 

Caranya oleskan minyak kayu putih keseluruh sambungan charger tunggu 15-25 menitan agar meresap, nah berhubung dirumah minyak kayu putih lagi habis yang ada hanya minyak telon. Hmmh udah gatel pengen bongkar alhasil dipake juga nih minyak telon...tunggu 25menitan deh biar lamaan maklum minyak telon kan gak sekeras minya kayu putih. Setelah menunggu akhirnya congkel juga dengan bantuan obeng pipih atau minus, congkel sana, congkel sini akhirnya terbongkar semua meskipun ada cacat sedikit disisinya yah maklum karena minyak telon yang saya oleskan tidak membuat lem yang ada di sambungan bersih semua. Nah beginilah penampakan charger nya setelah dibongkar.

Bongkar charger laptop asus

Bongkar charger laptop asus

Bongkar charger laptop asus

Setelah saya cek ternyata kabel pada bagian elastis sudah mulai terlilit dan mungkin sudah ada kabel yang putus hal ini terjadi mungkin karena seringnya dipakai dan digulung. Akhirnya saya coba potong sedikit lalu disolder ulang dan Hahaha...berhasil, tapi berhubung gak ada mur sama sekali untuk menutup casing ini alhasil nih charger saya LAKBAN #hadeuh. But its okay tinggal cari stiker aja buat nutupin. 

Buat yang ngalamin hal serupa boleh dicoba kali aja solusinya sama.   


By: Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar