Halaman

1.3.13

Mengirim email kebanyak orang tanpa diketahui yang lain/tanpa CC dan BCC

By: Kurniawan

image Bulan ini saya cukup banyak menerima email untuk undangan sebuah seminar, baik yang bersifat nasional ada juga seminar bertaraf internasional. Dilihat dari isi email tersebut semua kata-katanya bagus dan rapi mungkin karena ini sudah dipersiapkan dengan matang, namun ada 2 hal yang ingin saya garis bawahi disini yaitu masalah siapa saja yang menerima email ini (To-pada email) dan halaman web yang digunakan untuk sarana publikasi.

Mari saya bahas yang bagian pertama dulu yaitu bagian To-nya. Sebagaimana kita semua tahu bahwa kalau mengirim email ada 3 bagian penting yaitu To, Subjek, dan Isi email itu sendiri.

To disini bisa untuk satu orang saja atau untuk banyak orang, jadi semua yang dikirim bisa tahu siapa saja yang menerima email anda tersebut. Untuk mengirim email kebanyak orang bisa juga menggunakan CC dan BCC, CC sendiri biasa dikenal Carbon Copy artinya pada jaman dahulu jika kita ingin mengetik sesuatu dalam jumlah yang rangkap cukup menggunakan kertas Carbon.
So sama halnya pada email, jika ingin mengirim email lebih dari 1 bisa menggunakan kolom CC namun kekurangan dari CC adalah penerima yang lain masih bisa melihat email ini dikirim kesiapa saja sama seperti kolom To. Ada kolom BCC atau Blank CC yang jadi alternatif jika anda tidak ingin orang lain tahu anda mengirim kesiapa saja email ini. Biasanya digunakan untuk “tembusan” ke atasan atau orang lain yang berhak tahu email anda itu sebagai arsip atau notifikasi saja. Kembali ke email seminar tadi, mungkin bisa saya katakan semua email yang saya terima si-pengirim menggunakan fasilitas to pada compose emailnya jadi saya bisa tahu siapa saja penerima email undangan ini. Bagi seorang marketer alamat-alamat email ini adalah “emas mentah” bagi mereka untuk mempromosikan produk/jasa mereka pada anda/rekan anda. 

Sebetulnya itu sah-sah saja jika seorang yang tidak kita kenal tiba-tiba mengirim email ke anda untuk promosi, namun apa yang terjadi jika promo itu berubah menjadi spam? dalam artian, anda setiap hari dikirimi email promosi? Itu baru satu pengirim, bagaimana kalau puluhan, ratusan email perhari?? Bisa penuh jatah kuota webmail anda(biasanya hanya 250mb) kalau pakai gmail mungkin masih “lega” karena free 10GB. Jadi bagi para inviter atau seksi publikasi janganlah mengirim undangan via email dengan fasilitas yang saya jabarkan diatas karena dengan begitu anda telah tidak sengaja “membahayakan” kawan/relasi anda.


  • Lalu solusinya apa? Nah disini saya akan mengasih sedikit solusi yang mungkin bisa bermanfaat, yaitu dengan menggunakan software email marketing gratis seperti Groupmail atau menggunakan aplikasi online email marketing dari Mailchimp (dengan maskot monyet yang diatas) dan menurut saya ini yang paling gampang. 


Caranya mudah anda cukup daftar di mailchimp gratis kok, untuk yang gratis pun Kita sudah bisa memperoleh 2000 alamat email dan 12000 email yang bisa dikirim perbulanya dan akan direset bulan berikutnya. Dan enaknya lagi anda bisa Import kontak anda di Gmail/ Yahoo so gak usah repot lagi nulis/centang alamat email. Bahkan disini anda bisa kategorikan alamat email dalam group-group tersendiri jadi jika anda punya 2-4 acara yang berbeda segmenya maka dengan mudah anda mengirim email undangan tersebut, tanpa takut salah kirim dan penerima yang lain tidak akan mengetahui anda telah mengirimnya kesiapa saja + banyak template email yang bisa kita gunakan dan segudang fitur lainya yang penting seperti statistik dari email yang sudah dikirim untuk “dipelajari”. So selain lebih aman, lebih mudah, dan lebih “brandable” kurang apa lagi?

Oya satu hal lagi dengan menggunakan email ini jarang sekali email kita nyasar ke spam , karena server mereka banyak di whitelist oleh email server besar seperti gmail, yahoo atau hotmail. Lain cerita kalau kita pakai email blast sendiri. 

  • Satu masalah sudah terselesaikan, satu hal lagi yaitu tentang halaman web yang digunakan untuk publikasi. Baru- baru ini saya mendapat undangan seminar bertaraf Internasional yang ketika saya klik tautannya langsung mengarah ke Blogspot! 
  • Lho kok seminar internasional hosting halaman webnya kok pakai blog gratisan sih??? Hari gini kan sudah banyak penyedia jasa hosting dengan harga yang relatif terjangkau, untuk sebuah website acara seminar saya rasa tidak akan menggunakan space yang terlalu besar cukup 100-150mb harganya paling sekitar 100-150ribuan untuk setahun dan ditambah pembelian sebuah domain yang sekitar 100ribuan sehingga acara seminar jadi lebih “bonafide”. So budget yang dikeluarkan untuk publikasi didunia maya cukup 200ribu untuk satu tahun dan saya rasa itu akan terbayar dari tiket seorang peserta seminar tho. Namun jika ingin “berhemat” ada domain yang gratisan dan hosting gratisan juga kok tapi gak keren lah..
Butuh info lanjut silakan komunikasi di bagian komentar biar yang lain kebagian “ilmunya”

4 komentar:

  1. Undangan untuk mendapatkan uang saku di waktu luang anda

    Hallo saya harap anda tertarik untuk bergabung bersama ribuan netter yang senang mencari dollar dari internet?
    Berikut ini, adalah website yang sangat baik dan anda bisa mendapatkan uang saku di waktu luang anda. Ayo dan bergabung dengan kami!
    Klik disini untuk masuk ke halaman register / pendaftaran: > http://sh.st/oNyv

    cara kerja mudah hanya dengan menjawab survey yang diberikan harga persurvei $2 atau Rp22.000.

    Menarik bukan silahkan bergabung disini http://sh.st/oNyv
    ini bukan scam atau penipuan.
    situs ini benar-benar membayar membernya

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak mas tutorialnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Mayan infonya, ane bisa promoin toko Bunga Papan

    BalasHapus
  4. thanks infonya.. lagi cari jg model seperti ini ..sukses ya

    BalasHapus