Halaman

28.9.12

Ganti nama file dengan cepat dan mudah

Ditulis oleh:

Beberapa waktu yang lalu saya lagi kerajingan baca komik yang kebetulan ‘ngopi’ dari komputer teman. Seru banget tuh komik ceritanya lengkap dan juga banyak unsur sejarah dan budayanya. Intinya, tuh komik bikin saya ketagihan bacanya. Komiknya sendri terdiri dari 20 volume dengan total 200 chapter semua dalam bentuk gambar. 

Namun saat bacanya kadang ada rasa risih karena penamaan filenya tidak konsisten antara volume yang satu dangan volume berikutnya, so ada keinginan untuk “merapikan” semua file yang berantakan tadi dengan lebih terorganisir biar ketika liat filenya saya tahu ini dari volume berapa dan chapter berapa, mau tidak mau saya harus mengganti nama file yang sudah ada tsb. Jika dalam satu chapter ada kurang lebih 20 file gambar kalo dikalikan dengan 200 chapter so kurang lebih ada 4000 gambar yang harus saya ganti nama filenya. Sebetulnya melalui windows explorer (maklum masih pake ini) bisa dilakukan dengan cepat pula namun tidak bisa penamaannya seperti yang saya inginkan. 

Penamaan yang saya inginkan seperti ini : Vol A ch B –CD , nanti huruf A,B,C dan D diganti dengan angka yang sesuai urutanya. Kalo via windows explorer mungkin kalo rename secara cepat jadinya seperti ini : Vol A ch B-(CD) hampir mirip memang hasilya cuma kok ada dalam kurung segala sih? kan gak seru (kalo menurut saya begitu). Nah saya jadi inget, dahulu banget ada tool yang pernah saya pakai untuk mengganti nama file dengan cepat, 

10.9.12

Menyimpan password secara aman

Menyimpan password secara aman
Ditulis oleh:
Saya tahu rasanya jika lupa password pada email atau akun yang lain yaitu sangat mengesalkan! dan cara paling gampang memang tinggal klik forgot password nanti akan ada email berisi pasword kita atau ada perintah untuk me-reset password yang lupa dengan password baru. Tapi ada kalanya sebuah situs mempunyai sistem yang sangat secure banget seperti paypal contohnya, ketika kita lupa password nanti akan ada email ke inbox kita untuk me-resetnya, namun ketika membuka halaman reset password kita akan dihadapkan dengan security question bisanya dua buah. Wah password lupa, security question apalagi….? Saya cerita begini karena udah pernah mengalaminya jadi mulai saat ini saya menggunakan software untuk menata dan menyimpan password saya supaya aman dan mudah. Nama software yang saya gunakan KeePass (baca:kipas) ini handy banget karena software ini open source (OSI certified), lumayan kecil dan gak ngeberatin PC/laptop, kebetulan yang saya pakai yang  versi 1.22 sebtulnya udah keluar juga yang versi 2.1X secara umum hampir sama kok memang ada perbedaan dibagian tampilan dan sebaginya.
Lalu yang jadi pertanyaan apakah keepass ini aman untuk menyimpan password kita?

4.9.12

Cloudflare vs Cloudinary

Ditulis oleh:

Cloudflare vs CloudinaryBanyak orang mungkin sudah mengenal cloudflare, sebuah layanan yang membuat website kita lebih aman dan cepat untuk diakses. Nah belum lama saya pernah membahas tentang cloudinary, kebetulan saya lebih dulu mencoba cloudinary baru diikuti dengan cloudflare, kenapa? karena tidak seperti cloudinary, cloudflare supaya berfungsi ada setingan-setingan khusus dan menurut saya itu agak kompleks bagi pengguna awam. Beda dengan cloudinary, cukup simpan data kita disana maka konten kita tersebut akan disalurkan melalui High performance delivery melalui CDN. Tentu saja untuk mendapatkan hasil yang maksimum dari kedua layanan ini kita harus subkripsi secara bulanan alias bayar, berhubung dana masih terbatas dan sekedar ingin tahu siapa yang berdampak signifikan terhadap website kita, maka ada baiknya mendaftar yang versi free-nya terlebih dahulu. Berikut bebarapa fitur yang mereka janjikan