30.11.08

Kulit...

Sebelumnya ane mohon maaf nih kalo nanti ada yang tersinggung ama tulisan ini, tapi daripada diem terus dipendem jadi ane tuangin ajah..

Begini ceritanya…udah banyak iklan kosmetika khususnya pemutih kulit, lotion, or sabun mandi selalau ngunjukin terlalu banyak kulit wanita…ane paham sih namanya juga kosmetika buat kulit, masa nyang dishoot bulu kucing..…ane bukan orang alim tapi ngga ancur-ancur amat sih, tapi ya itu tadi kadang-kadang ane bosen juga..kulit lagi..kulit lagi. Emang ane sadar Negara kita bukan Negara yang berdasar atas satu agama ajah nyang bisa ngatur semua kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan hukum agama. And ane juga menghormati para insan kreatif semua yang memiliki jiwa seni nyang tinggi..tapi ane pernah liat acara di tivi swasta nyang ngebahas tentang art gitu loh…nah ceritanya begini : ada seorang seniman jerman kalo gax salah, mereka ngadain pertunjukan seni di iran (kalo gx salah juga) nah dalam scene dipertunjukan itu ada adegan antara pemain pria dan wanita “bersentuhan tangan”…nah menurut badan sensor daerah sono cowo ama cewe nyang bukan “itunya” gx boleh sentuhan karena nyang maen waktu itu orang lokal…nah si sutradara kan bingung, gimana nih masa gua harus ganti semua skripnya? Mana banyak adegan yang sentuhan lagi (ini tambahan ane aja, gx tau aslinya dia ngomong apa..basa jerman sih).
Nah didalam kondisi yang serba ketat dan terbatas itu si director nggak mau keabisan akal daripada pertunjukannya gagal…, munculah ide pada saat pertunjukkan pas ada adegan sentuhan tangan dan segala macem, si pemain cukup pegangan lewat sapu tangan satu sama lain (bisa ente bayangin gx?) jadi gak ada yang namanya kulit saling sentuhan..dan ternyata hasilnya dapet applause dari penonton and juga badan sensor…happy ending dah buat semua. So inti dari tulisan ini ane Cuma mau nyampein unek-unek aja buat seseorang yang mengatasnamakan nampilin kulit itu sebuah seni (khususnya buat seniman muslim) cobalah berfikir ulang…memang tanpa seni dunia tidak menarik dan ane setuju, tapi seni yang gimana dulu kita tahu banyak kesenian yang kita ikuti “ada yang kurang bagus”. Untuk apa kita mengikuti kesenian yang nota bene kurang bagus itu, sebagai orang yang beragama dan bernegara kita harus mengacu pada hukum yang berlaku. Nah sekarang buat para seniman muslim buat apa kita ngotot setengah mati ngebelain buat ngikutin sesuatu yang berbau pornografi menurut agama itu yang diatasnamakan seni padahal kita tahu itu dilarang oleh agama (kalo buat seniman lain mungkin ada agama yang enggak ngelarang itu ngga apa-apa, lanjutin ajah) intinya jika kita ambil contoh diatas dimana seorang seniman jerman disaat ada pelarangan atas pertunjukkan seninya dia langsung “kreatif” gimana kesenian, hukum agama, dan Negara itu dapat selaras. So pelarangan itu sebenarnya bukannya jadi hambatan kan untuk kita jadi kreatif? Bukankah disaat “terjebak akan permasalahan” otak kita justru malah berfikir lebih keras?
Mungkin kita harus bertanya pada diri sendiri apakah seni yang kita lakuin dengan cara yang tepat? Pada saat yang tepat? Pada audience yang tepat? Dengan tujuan yang tepat? Nah Cuma hati yang jujur nyang bisa ngejawabnya..

Catatan kaki : Masih banyak cabang seni yang lain yang masih kita bisa explor bahkan mungkin ada cabang seni baru yang belum ditemukan? Siapa tahu andalah pionirnya…Mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar